Untuk Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Lebih Baik

Rabu, 22 Juni 2011

Tokalekaju Dikepung Perusahaan Tambang

Lima Perusahaan, Satu Alamat, Satu Direktur

JURnaL Celebes-Luwu. Kawasan dataran tinggi Tokalekaju yang berada di Kabupaten Luwu Utara, yang merupakan kawasan ekologis sangat strategis di jantung Sulawesi, kini mulai dikepung perusahaan tambang. Saat ini ada tujuh perusahaan yang sedang ekplorasi. Hal yang menarik, di antara tujuh perusahaan tersebut, lima perusahaan memiliki alamat kantor yang sama dengan satu direktur perusahaan.
Kawasan Tokalekaju seara administratif berada di tiga kecamatan masing-masing Kecamatan Seko, Limbong (Rongkong) dan Rampi. Kawasan yang dihuni masyarakat adat ini merupakan penyangga ekologis yang tersisa di wilayah Luwu Sulawesi Selatan, sebagian wilayah Sulawesi Tengah dan sebagian Sulawesi Tenggara.
Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Tana Luwu, Bata Manurun menjelaskan, Senin (19/6/2011), ia diundang Dinas Pertambangan Kabupaten Luwu Utara untuk meninjau rencana baru pembukaan tambang di tiga kecamatan dalam kawasan Tokalekaju.
Selama dua hari dilakukan pertemuan dengan masyarakat Tokalekaju di Rongkong, dihadiri masyarakat serta tokoh adat di tiga kecamatan. Pihak Dinas Pertambangan Luwu Utara kepada masyarakat mengemukakan rencana pemerintah daerah akan mendatangkan lagi investor untuk mengelola potensi tambang di kawasan Tokalekaju.
Namun, semua tokoh adat dan tokoh masyarakat dalam pertemuan tersebut menyatakan menolak investor pertambangan. Mereka memberi alasan, perusahaan tambang tidak selalu membawa kemakmuran, tetapi hampir semua perusahaan tambang justru mendatangkan konflik dan kesingsaraan masyarakat. Masyarakat lokal atau masyarakat adat terusir karena ekspansi perusahaan tambang. Menurut masyarakat, perusahaan tambang juga akan merusak lingkungan hidup, keanekaragaman hayati dan hutan yang menjadi sumber kehidupan masyartakat lokal.

Lima Perusahaan, Satu Direktur
Sesuai data AMAN Tana Luwu, saat ini ada tujuh perusahaan sedang eksplorasi di wilayah Tokalekaju. Dari tujuh perusahaan tersebut, lima perusahaan memiliki alamat kantor yang sama dengan nama direktur yang sama.
Lima perusahaan itu berkantor di Wisma Kosgoro Lantai 15, Jl. Muh. Thamrin, Jakarta. Lima perusahaan itu juga sama-sama mempunya satu nama direktur yakni Hendry Sitanggang.
Kelima perusahaan itu masing-masing PT Seko Bukit Mas, PT Sapta Cipta Kencana, PT Andalan Prima, PT Trisakti Panca Sakti, dan PT Samudra Raya. Lima perusahaan ini sama-sama beroperasi di Limbong dengan menambang biji besi.
Sedangkan dua perusahaan lainnya adalah PT Aneka Tambang yang menambang emas di Seko, PT Citra Palu Mineral yang mengekplorasi emas di Rampi. (m)

Tidak ada komentar: