Untuk Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Lebih Baik

Senin, 09 November 2009

Pengelola Rakom Sambut Gembira KaBaR Komunitas

JURnaL - Pengelola radio komunitas yang terhimpun dalam Jaringan Independen Radio Komunitas (Rakom) Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat (Jirak Celebes) menyambut gembiara pengadaan kantor berita radio komunitas yang diinisiasi JURnaL Celebes. Wadah ini akan semakin menguatkan interaksi antarsesama pengelola radio komunitas.

Kegembiraan pengelola radio komunitas ini diungkapkan pada kegiatan seminar dan workshop peranan media komunitas dalam penguatan masyarakat sipil dilaksanakan JURnaL Celebes di Hotel Bumi Asih, Sabtu (7/11/2009), Makassar.

‘’Alhamdulillah, sudah lama sebenarnya kita tunggu ada sarana seperti ini. Kami akan berpartisipasi mengembangkannya,’’ ungkap Muh. Amir dari radio komunitas MBS FM Bantaeng.

JURnaL Celebes memberi nama kantor berita ini dengan KaBaR Komunitas akronim dari kantor berita radio komunitas. Setiap bulan KaBaR Komunitas membuat paket produksi siaran dengan tema-tema tertentu. Paket siaran tersebut kemudian didistribusikan ke radio-radio komunitas di Sulawesi Selatan. Para pengelola radio komunitas juga berkontribusi dalam setiap pembuatan paket acara berupa materi siaram baik dalam bentuk berita, iklan layanan masyarakat, feature radio dan lain-lain.

Dengan pola ini, seiap informasi di berbagai daerah akan dipublikasikan lewat radio komunitas di daerah-daerah lain untuk menjadi pembelajaran.

Pada edisi perdana November 2009, KaBaR Komunitas yang baru direalisasikan pada akhir Oktober ini mengemas informasi tentang eksistensi dan peran radio komunitas. Dilanjutkan pada edisi kedua di bulan Desember dengan tema hak atas pendidikan. (m)

Tidak ada komentar: