Untuk Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Lebih Baik

Jumat, 16 Januari 2009

Bantuan Menumpuk di Posko


JURnaL - Tidak terkoordinirnya tanggap darurat bencana banjir di Polewali Mandar (Polman) dan Mejene, Provinsi Sulawesi Barat, membuat hingga Jumat (16/1) siang sejumlah bantuan masih menumpuk di Posko Induk yang dibuka Dinas Sosial, Polman di Kota Polewali, Ibukota Kabupaten Polman.
Tim Assessment dari Jaringan Masyarakat Peduli Bencana (JMPB) Makassar yang berada di Polewali, Jumat siang melaporkan, lantaran tidak ada kordinasi yang baik, akhirnya bantuan-bantuan juga tidak terkoordinir dengan baik.
Tim JMPB Makasar Ai Marjayanti dari JURnaL Celebes dan Haedar Tasaka dari AMAN Sulsel melaporkan, para pemberi bantuan ada yang menyerahkan ke Posko Induk. Sebagian menyerahkan langsung di kolasi-lokasi terkena bencana banjir.
Bantuan dari caleg atau partai politik, umumnya diserahkan langsung ke warga yang terkena dampak bencana.
Bencana yang menimpa dua kabupaten, Minggu 11 Januari lalu dengan menewaskan delapan warga tersebut, terkesan tidak ditanggulangi dengan baik. Tidak ada tim SAR, karena hampir semua tim SAR dari Sulsel maupun Sulbar dikerahkan untuk pencarian penumpang KM Teratai Prima yang tenggelam di perairan Majene Sabtu pekan lalu.
Hingga Jumat, beberapa wilayah masih terisolir. Hal ini disebabkan terputusnya sarana jalan dan jembatan, sementara pemerintah daerah setempat belum mengarahkan alat-alat berat untuk menanggulangi kendala tersebut. (m)

Tidak ada komentar: