Untuk Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Lebih Baik

Jumat, 30 Januari 2009

Ancaman Gelombang dan Hujan Deras


JURnaL - Mulai Sabtu, 31 Januari hingga 2 Februari 2008, ancaman gelombang hingga melebihi empat meter mengancam perairan timur Indonesia. Di Sulawesi Selatan, gelombang tinggi mencapai empat diperkiraka terjadi di Selat Selayar, sementara di Selat Makassar kemungikinan mencapai tiga meter. Selain itu, hujan deras dan hujan terus menerus akan melanda Makassar dan beberapa kabupaten di sekitarnya masing-masing Gowa, Takalar, Maros, Pangkep, dan Barru. Kondisi ini menjadi warning bagi transportasi laut dan para nelayan.
  Sesuai informasi rutin yang diterima JURnaL Celebes dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Wilayah IV Makassar, 30 Januari 2008, gelombang satu sampai dua meter diperkirakan terjadi perairan Donggala dan Mamuju, Laut Seram dan Laut Sulawesi. Di perairan ini berbahaya bagi perahu nelayan.
  Sementara gelombang dua hingga tiga meter diprakirakan terjadi di perairan Balikpapan, Selat Makassar, perairan Majene, laut Maluku bagian selatan, dan laut Halmahera. Kondisi bahaya di perairan-perairan tersebut mengamcam bagi perahu nelayan, tongkang, dan kapal fery.
  Sedangkan gelombang tiga hingga empt meter diprediksi terjadi di perairan Sangihe Talaud, perairan Sabalana Selayar, serta perairan Tukang Besi dan Masilina Doangdoang. Kerawanan di wilayah perairan tersebut dapat mengancam keselamatan bagi perahu nelayan, kapal tongkang, kapal tugboat, roro, LCT dan kapal fery.
  Keganasan gelombang lebih dari empat meter diperkirkan terjadi di Laut Banda dan perairan Tual Maluku. Pada perairan terdalam di Indonesia ini hingga 2 Februari, amukan gelombang mengancam semua jenis transportasi laut.
  Sementara di Kota Makassar dan sekitarnya, hujan terus-menerus sepanjang hari terjadi pada Kamis 29 Januari. Hingga Jumat 30 Januari siang, hujan masih turus terus-menerus meski dalam intensitas rendah. (m)

Tidak ada komentar: