Untuk Pelestarian Lingkungan Hidup dan Pengelolaan Sumber Daya Alam yang Lebih Baik

Senin, 19 Januari 2009

Kebutuhan Pascabencana Sulbar



JURnaL - Pascabencana banjir Sabtu (10/1) lalu menyisakan berbagai persoalan. Salah satunya adalah minimnya bantuan, terutama bantuan yang benar-benar memenuhi kebutuhan para korban bencana.
  Tim Assessment dari Jaringan Masyarakat Peduli Bencana (JMPB) Makassar Haedar Tasaka dari AMAN Sulsel dan Ai Marjayanti dari JURnaL Celebes melaorkan, pascabencana, warga sangat membutuhkan bantuan selain makanan, sarana dan prasarana air bersih, obat-obatan untuk mengantisipasi penyakit yang akan mewabah, serta peralatan rumah tangga.
  Hingga satu pekan, belum ada warga yang mengidap penyakit. Tetapi ini bukan berarti terlepas dari penyakit-penyakit pascabencana banjir. Sebab, bila melihat kondisi yang terjadi di lapangan, potensi penyakit pascabencana kemungkinan terjadi, misalnya muntaber, gatal-gatal, demam, influensa, ispa dan lain-lain akan diderita warga. Apalagi dalam suasana hujan yang terus-menerus.
  Hingga satu pekan bencana, masih ada beberapa wilayah yang terislir karena rusaknya infrastruktur. Jika ini tidak diatasi, masyarakat yang terisolir akan mengalami kesulitan, terutama jauh dari fasilitas kesehatan berupa puskesmas. (m)

Tidak ada komentar: